Syarat-Hewan-Terbaik-untuk-Usaha-Catering-Aqiqah

Menjalankan usaha catering untuk kebutuhan aqiqah dapat membawa berkah tersendiri. Sebelumnya, ketahuilah hewan terbaik untuk usaha catering aqiqah anda.

Seiring berkembangnya zaman dan mobilitas manusia, menjalankan ibadah menjadi lebih mudah tanpa menghilangkan esensi dari ibadah itu sendiri.

Aqiqah pada zaman Rasul dahulu dicontohkan oleh beliau dengan menyembelih dua ekor kambing untuk cucu beliau, Hasan dan Husain.

Praktik aqiqah  biasanya dilakukan oleh ahlulbait dengan menyembelih hewan aqiqah, memasaknya menjadi hidangan, lalu membagikan hidangan kepada kerabat dan tetangga diiringi dengan pemberian nama serta mencukur rambut bayi.

Membuka usaha catering paket aqiqah Jakarta Utara menjadi salah satu alternatif usaha yang selain menguntungkan, juga menghadirkan berkah.

Namun, sebagaimana tanggung jawab ahlulbait yang menyelenggarakan aqiqah diamanahkan pada para pengusaha catering, maka para pengusaha catering wajib mengetahui hewan terbaik yang sesuai syariat untuk disembelih dan dihidangkan.

Syarat Hewan Terbaik untuk Usaha Catering Aqiqah

Sebagaimana hewan untuk ibadah qurban, hewan aqiqah pun memiliki syarat-syarat yang harus dipenuhi, mengingat bahwa aqiqah itu sendiri merupakan ibadah sunnah muakkad bagi orang-orang yang mampu mengamalkannya.

Jika anda memiliki usaha catering dan menyediakan layanan catering aqiqah, ketahuilah syarat hewan aqiqah berikut ini:

  • Sehat dan tidak catat

Hewan aqiqah yang ditawarkan haruslah berada dalam kondisi yang terbaik. Entah itu kambing, domba ataupun sapi, semua hewan aqiqah harus berada dalam kondisi sehat atau tidak terinfeksi penyakit yang berpotensi membahayakan manusia yang mengonsumsi daging aqiqah. Selain itu, hewan aqiqah juga tidak boleh memiliki cacat fisik pada bagian tubuhnya.

  • Berbobot dan cukup umur

Untuk melayani pesanan catering aqiqah, pastikan anda memilih hewan yang telah cukup umur. Jika anda menggunakan domba baik jantan maupun betina, pastikan setidaknya domba telah berumur 7 bulan.

Jika catering aqiqah yang dipesan menggunakan kambing jantan maupun betina, pastikan kambing telah berumur setidaknya 1 tahun.

Hewan aqiqah yang digunakan pun hendaknya merupakan hewan yang terpelihara dengan baik sehingga sehat dan memiliki bobot yang cukup.

Kehadiran catering aqiqah dimaksudkan untuk mempermudah masyarakat yang ingin melaksanakan ibadah. Karenanya, sebagai pengusaha yang baik anda harus mengenali syarat tersebut agar dapat menghadirkan berkah di setiap pelayanan yang anda berikan.