Tips-Mengetahui-Hewan-Kurban-yang-Sehat

Hari raya Idul Adha merupakan momen untuk umat Islam melakukan kurban atau penyembelihan hewan ternak yang dikurbankan. Salah satu syarat untuk dapat berkurban adalah memberi hewan kurban yang paling baik.

Oleh sebab itu, memilih hewan kurban sehat dan kuat adalah suatu hal utama yang perlu kamu perhatikan jika ingin melakukan kurban.

Karena banyak sekali penjual hewan ternak dan yang jual sapi limosin  untuk kurban di pasaran kamu perlu mengetahui bagaimana cara untuk memilih hewan kurban sehat.

Berikut merupakan tips agar kamu bisa memilih hewan kurban sehat dan kuat. Dengan menunjukkan ciri-ciri dan tanda yang bisa kamu kenali dan ketahui bahwa hewan kurban tersebut dalam keadaan yang baik dan sehat:

  1. Untuk memilih hewan kurban seperti kambing, sapi atau domba dapat kamu lihat dari aktivitasnya. Bila hewan tersebut bergerak dengan aktif ketika didekati itu artinya hewan tersebut dalam keadaan sehat. Gerakan serta memiliki temperamen yang bebas, lincah, kuat, tidak cacat, tidak gelisah, bersemangat dan nafsu makan yang bagus.
  2. Memiliki rambut atau bulu yang halus, mengkilap, tidak botak, tidak rontok, tidak ada perubahan warna, tidak berdiri, tidak memiliki parasit kulit atau kutu.
  3. Memiliki mata yang bersinar jernih, terbuka penuh, pupil yang cepat bereaksi, tidak berair/ eksudat, tidak berwarna merah yang berarti hewan tersebut tidak mengalami pendarahan, kemudian selaput lendir di kelopak mata memiliki warna merah terang. Bila kamu menemukan hewan ternak yang memiliki mata belekan dan keruh itu berarti hewan tersebut dalam keadaan tidak sehat alias sakit.
  4. Memiliki tubuh yang standar. Standar bagi hewan sapi atau kerbau memiliki tulang punggung yang relatif rata, tanduk yang seimbang, empat kaki yang simetris dan postur tubuh yang ideal.
  5. Untuk bagian mulut dari hewan ternak yang tidak sehat dilihat mulutnya mengeluarkan air liur yang banyak, nampak pada mulutnya ada bintil-bintil warna merah hewan ternak dengan gejala ini dikatakan tidak sehat atau memiliki sebuah penyakit.
  6. Hidung yang nampak basah, bersih serta tidak keluar cairan. Selaput lendir hidung yang memiliki warna merah terang.
  7. Memiliki celah kuku yang bersih tidak ada luka tidak mengalami peradangan dan tidak ada pembengkakan.
  8. Memiliki kulit yang lentur atau elastis tidak ada penebalan tidak memiliki luka maupun bisul pada kulitnya.
  9. Di bagian dubur/anus bersih dan kering tidak nampak hewan tersebut sedang diare.