Apa-Itu-Capital-Expenditure

Dalam memulai bisnis, tentu saja banyak aspek dibutuhkan untuk mencapai laba yang optimal. Salah satu aspek penting di dalamnya adalah biaya modal yang biasa digunakan untuk membiayai pengeluaran suatu perusahaan. Untuk perhitungannya sendiri ada 2, yaitu dengan menggunakan Capital Expenditure (Capex) dan Biaya Operasional (Opex).

Pada kesempatan ini kita akan membahas definisi lengkap pengeluaran modal mulai dari jenisnya, manfaatnya dan lainnya. Dalam bisnis, tentu saja membutuhkan biaya modal yang akan digunakan untuk membiayai pengeluaran perusahaan.

Dalam mencatat pengeluaran, ada dua jenis pengeluaran, yaitu Capital Expenditure (CAPEX) dan Biaya Operasional (OPEX). Kedua jenis pengeluaran ini masing-masing memiliki karakteristik yang berbeda. Selain itu, kedua jenis pengeluaran ini juga akan tunduk pada aturan pajak yang berbeda.

Nah pada kesempatan ini, kita akan membahas apa definisi belanja modal dan jenisnya, manfaatnya dan mengapa pengeluaran modal ini diperlukan dalam suatu bisnis. Lebih banyak di bawah ini:

Definisi Capital Expenditure

Capital Expenditure atau Capex adalah biaya yang dikeluarkan oleh suatu organisasi atau perusahaan untuk membeli, memelihara dan memperbaiki aset tetap / aset jangka panjang. Sebagai contoh aset ini seperti kendaraan, bangunan, tanah hingga peralatan.

Pengeluaran dapat dikategorikan sebagai Capex jika digunakan untuk membeli aset jangka panjang baru atau bila digunakan untuk memperpanjang masa manfaat suatu aset. Capital Expenditure tentu berbeda dengan biaya operasional.

Jika Capex adalah uang yang dihabiskan untuk kebutuhan jangka panjang, biaya operasional ini adalah pengeluaran yang digunakan untuk kebutuhan operasional sehari-hari. Misalnya, seperti kebutuhan bahan bakar, sewa gedung, upah karyawan dan lain-lain.

Capital Expenditure ini dikeluarkan ketika perusahaan pertama kali memulai atau ketika perusahaan memiliki proyek baru atau berinvestasi dalam proyek. Karena itu terkadang ada yang beranggapan bahwa belanja modal adalah investasi yang dilakukan oleh perusahaan.

Mengapa mengatakan investasi karena apa pun yang dibeli oleh pengeluaran modal adalah penting baik untuk kebutuhan produksi dan barang dan jasa perusahaan. Mengingat nominal dari Capex ini tidak sedikit, oleh karena itu perusahaan diharuskan untuk membuat keputusan terbaik dalam menerbitkan Capex. Karena itu, ketika mengambil keputusan ini, terkadang banyak mengalami kendala dalam perhitungannya.

Hambatan dalam Menghitung Capital Expenditure

Seperti yang telah kami sebutkan di atas, penting untuk membuat keputusan terbaik dalam menerbitkan Capex. Namun, yang penting adalah melakukan perhitungan yang tidak mudah dilakukan. Beberapa hal yang membuat perhitungan Capex sulit dilakukan adalah sebagai berikut:

  • Melakukan pengukuran dan melihat harga belanja modal adalah hal utama. Beberapa aset memang membutuhkan harga dengan perhitungan khusus. Selain itu, ada aset yang kadang-kadang membutuhkan penilai khusus yang tahu berapa harga aset ini.
  • Belanja modal adalah pengeluaran yang cukup besar. Meskipun besar, masih diperlukan untuk mendukung kegiatan produksi dalam perusahaan untuk mendapatkan keuntungan. Namun, output atau hasil dari aset-aset ini tidak dapat diprediksi pada awal pembelian. Tidak mudah untuk melakukan perhitungan keuangan perusahaan, jadi cobalah untuk melakukan perhitungan dengan benar dan optimal. Yang paling penting juga untuk menghindari kesalahan dalam memasukkan nominal dalam pengeluaran dan pendapatan.