Pelajari Macam Macam Disinfektan sebelum membuka Jasa Semprot Disinfektan

Ketakutan akan penyebaran virus Corona, menjadi suatu pemicu yang luar biasa dalam menjalankan gaya hidup sehat, terlebih bagi mereka yang telah sadar akan kesehatan diri sendiri dan sedang fokus dalam membantu menjaga kesehatan lingkungan di sekitarnya. Salah satunya dengan cara membuka jasa semprot disinfektan.

Namun, apa sih disinfektan itu? Mudahnya, disinfektan adalah senyawa kimia yang digunakan untuk mencegah serta mematikan tumbuh kembang suatu mikroorganisme penyebab penyakit.

Proses penyemprotan disinfektan (disinfeksi) terdapat berbagai macam cara yang terbagi menjadi dua jenis utama, cara kimia dan cara fisika.

Bagi Anda yang hendak membuka jasa semprot disinfektan alangkah lebih baiknya untuk mempelajari proses disinfeksi tersebut, sehingga mampu memberikan service dan pelayanan terbaik nantinya.

Pada tulisan ini, kami akan menekankan mengenai proses disinfeksi secara fisika. Berikut adalah beberapa cara disinfeksi tersebut:

  1. Metode Radiasi: menggunakan gelombang elektromagnetik seperti sinar gamma, sinar matahari, serta radiasi UV. Kandungan sinar UV pada sinar matahari dapat digunakan untuk proses sterilisasi. Perlu diketahui bahwa efek dari sterilisasi bergantung pada dosis sinar UV yang digunakan. Sedangkan untuk sinar gamma, ia mampu merusak sel mikroorganisme patogen dengan cara menghasilkan pasangan ion karena mampu memukul elektron ketika mikroorganisme tersebut berinteraksi dengan sinar gamma. Namun perlu diketahui bahwa sinar gamma tidak bisa digunakan untuk sterilisasi makanan dan obat-obatan, karena justru akan mengubah struktur kimianya.
  2. Metode pemanasan dengan uap air dan autoclave: dilakukan dengan air mendidih.
  3. Metode pemanasan kering: efektif digunakan dalam suhu sekitar 160-180 derajat.
  4. Metode pemanasan secara intermiten: digunakan untuk membunuh organisme yang ada pada air dengan cara mendidihkan air tersebut berulang kali dengan jeda sekitar satu menit sebelum pendidihan berikutnya.
  5. Metode pembakaran langsung: digunakan dengan cara melakukan pembakaran langsung dengan nyala lampu Bunsen hingga menjadi merah padam alat-alat yang terbuat dari platina dan khrome.
  6. Metode Filtration: menggunakan filter yang dibuat berpori dan biasanya sejenis porselein. Digunakan untuk menyaring mikroorganisme dari material tertentu.

Dengan berbagai penjelasan di atas, semoga anda mampu mendapatkan pencerahan sebelum memulai jasa penyemprotan disinfektan ya!