Peluang Budi Daya Kelinci Pedaging yang Menjanjikan

Bagi Anda yang ingin memulai untuk membuka usaha, budi daya kelinci pedaging seperti kelinci german giant, bisa menjadi alternatif pilihan utama. Budi daya kelinci pedaging hanya memerlukan modal yang kecil namun menghasilkan keuntungan yang menggiurkan.

Tata cara pemeliharaan kelinci pedaging juga sangat mudah dan tidak memerlukan hal-hal khusus seperti perawatan kelinci hias. Terlebih lagi saat ini ada banyak sekali tips budi daya kelinci pedaging yang bisa Anda dapatkan dengan mudah melalui internet.

Daging kelinci merupakan salah satu daging hewan ternak yang paling banyak diminati, terlebih lagi bagi mereka yang tinggal di dataran tinggi. Menyantap daging kelinci juga memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan.

Beberapa manfaat daging kelinci adalah kaya protein, bagus untuk diet, rendah lemak, mencegah asma, mengatasi penyakit jantung, mampu meningkatkan vitalitas pria, dan masih banyak lagi manfaat lainnya.

Karena banyaknya manfaat yang bisa dihasilkan oleh kelinci pedaging, membuat para pengusaha yang akhirnya memutuskan untuk membudidayakan hewan ini.

Kelinci termasuk dalam jenis hewan yang mudah dibudidayakan karena mudah beradaptasi, mudah dijinakkan, dan dapat berkembang biak dengan cepat. Nah, untuk lebih lengkapnya berikut ini tips budi daya kelinci pedaging yang ternyata sangat sederhana :

Pilihlah Jenis Kelinci Dengan Tepat

Tahukah Anda jika tidak semua jenis kelinci bisa digunakan untuk kelinci pedaging? Kelinci yang cocok untuk dijadikan kelinci pedaging adalah kelinci dengan badan yang lebar dan mudah untuk dikembangbiakkan seperti kelinci jenis new zealand white dan flemish giant.

Memilih Indukan Kelinci Pedaging Yang Berkualitas

Saat memilih indukan kelinci pedaging perhatikan bibit ternak yang akan Anda beli. Pilih kelinci betina dengan bobot minimal 4 kg dan kelinci jantan minimal 3 kg. Selain itu pastikan untuk memilih kelinci yang memiliki warna mata cerah, bulu bersih, pinggul bulat, dan gerakannya lincah.

Lokasi dan Kandang

Lokasi yang cocok untuk dijadikan sebagai kandang kelinci pedaging adalah lokasi dengan suasana yang jauh dari kebisingan dan lingkungan yang ramai. Kemudian untuk kandangnya, disarankan untuk menggunakan bambu dengan model kandang 2 tingkat agar kandang senantiasa bersih.

Menggunakan Pakan Yang Tepat

Memberi pakan kelinci sebaiknya dilakukan rutin selama 2 kali dalam sehari dan pastikan untuk menambahkan nutrisi seperti piterna dan hormonik pada makanan kelinci.

Cara Mengembangbiakkan

Kelinci bisa dikawinkan ketika berusia 6 bulan untuk betina dan 8 bulan untuk jantan. Hindari mengawinkan kelinci sebelum masanya karena justru akan menghambat pertumbuhan.

Nah, itu dia beberapa tips budi daya kelinci pedaging yang paling utama dan terpenting. Jangan lupa untuk selalu melakukan perawatan secara rutin, meskipun tujuan utama untuk diambil dagingnya namun kebersihan dan kesehatan kelinci akan mempengaruhi kualitas daging yang dihasilkan.